5 Cara Mengelola Diabetes dalam Waktu 10 Menit

Berikut adalah tips cepat untuk mengelola diabetes. Selain dengan menghitung karbohidrat yang dikonsumsi setiap hari, berolahraga, dan memantau gula darah, ada cara-cara mudah yang tidak memusingkan lainnya untuk mengelola diabetes tipe 2 yang bisa Anda coba. Karena ada banyak pekerjaan yang harus kita lakukan untuk mengontrol diabetes tipe 2, hal tersebut seringkali membuat stress dan menjadi beban pikiran. Untuk mengatasinya, ada baiknya kita membaginya menjadi langkah-langkah kecil yang sebaiknya dijadikan sebagai rutinitas sehingga tidak perlu berpikir apa yang harus dilakukan untuk mengontrol atau memanajemen diabetes.

Hal-hal kecil yang kita lakukan setiap hari bisa membuat perubahan cukup besar di dalam kesehatan secara keseluruhan. Diantara beberapa cara mengelola diabetes yang mudah untuk dilakukan adalah:

Berolahraga

Berolahraga selama 5 hingga 10 menit dengan intensitas tinggi bisa membantu mengelola diabetes. Melakukan latihan dengan intensitas tinggi sangat efektif untuk mengelola diabetes. Dibandingkan dengan aerobik olahraga intensitas tinggi seperti sprint bisa memberi efek yang lebih baik. Aerobik bisa memberikan efek mengontrol diabetes setelah dilakukan minimal 70%, sedangkan apabila melakukan sprint, cukup 5 menit saja. Jadi, lari dengan kecepatan tinggi selama 5 menit kemudian berjalan selama 5 menit adalah cara paling mudah untuk mengelola diabetes tipe 2.

Jangan lupa untuk beristirahat dan bermeditasi
Banyak orang tidak menyadari bahwa diabetes tidak hanya mempengaruhi kondisi fisik melainkan juga psikis. Untuk bisa sehat secara keseluruhan, tidak hanya badan yang harus dijaga melainkan juga otak dan pikiran.

Ketika tubuh lelah, tubuh akan memproduksi hormon stres yang dapat menyebabkan kadar gula darah serta resistensi urin meningkat. Solusinya, Anda bisa melakukan meditasi atau rileks selama 5 hingga 10 menit. Terapi kognitif berbasis kesadaran tersebut dalam sebuah studi, dianggap dapat membantu meringankan depresi orang yang mengalami diabetes.

Berpikir positif

Stres bisa dialami oleh siapa saja. Salah satu cara melawan stress adalah dengan berolahraga atau dengan pergi berlibur. Namun selain cara itu, cara lain yang bisa dilakukan untuk melawan stres atau meminimalkan stres adalah dengan selalu berpikir positif. Berpikir positif akan membuat kita berbicara positif dan melakukan hal-hal positif sehingga secara otomatis tubuh pun akan mendapatkan manfaatnya.

Konsumsi beberapa jenis kacang-kacangan
Berbagai jenis kacang-kacangan banyak mengandung lemak tak jenuh atau asam lemak omega 3. Ini merupakan makanan paling ramah bagi penderita diabetes. Menambah segenggam kacang-kacangan ke dalam menu makanan setiap hari selain dapat membantu mengontrol diabetes, dapat juga melindungi jantung.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2004 menemukan bahwa orang-orang yang mengalami diabetes tipe 2 yang mencoba mengkonsumsi 30 gram kenari mengalami penurunan LDL (kadar kolesterol) sebesar 10%.

Selain itu, penelitian tersebut juga mencatat bahwa mengkonsumsi walnut, hazelnut, atau almond juga bisa memberikan pengaruh postif.

Bersosialisasi

Jangan pernah meremehkan kekuatan pertemanan atau persahabatan (sosialisasi). Orang-orang yang mengalami diabetes tipe 2 sudah pasti akan mengalami stres karena hal tersebut. Akan tetapi bergaul dengan orang-orang (sahabat) akan membantu mereka lari dari stres atau bahkan akan membantu mereka untuk mendapatkan dukungan yang dibutuhkan. Selain itu, bergaul juga bisa membantu menjaga agar tetap berperilaku sehat dan positif.

Itulah beberapa cara mengelola diabetes yang mudah untuk dipraktekkan dan tidak perlu membuat otak pusing untuk memikirkannya.